Tempat wisata di Kediri memang ada banyak sekali. Diantara tempat wisata di Kediri tersebut memberikan suatu pengalaman yang begitu menarik bagi para wisatawan yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Keberadaan tempat wisata di Kediri tersebut memang memberikan arti yang besar bagi pemerintah dan juga warga sekitar tempat wisata tersebut. Hampir sebagian besar pendapatan daerah dari kota Kediri berasal dari sektor pariwisata. Selain itu, perekonomian warga sekitar tempat wisata juga meningkat karena banyak warga yang memanfaatkan tempat wisata tersebut sebagai salah satu sumber penghasilan sehari-hari yaitu dengan menjual berbagai aneka makanan khas Kediri ataupun menawarkan berbagai macam jasa lainnya. Hal ini yang membuat pemerintah kota Kediri khususnya selalu menjaga serta merawat tempat wisata yang ada dengan segenap jiwa dan raga sehingga keutuhan dan kelestarian tempat wisata tersebut tetap terjaga.

Ada beberapa lokasi tempat wisata yang terkenal serta menarik anda untuk dikunjungi bila sedang berada di Kediri. Diantara tempat wisata tersebut ialah Air Terjun Dolo, Gumul Paradise Island, Candi Surowono dan Monumen Simpang Lima Kediri. Jika anda adalah orang yang suka akan tempat wisata yang menyajikan keindahan alam, maka Air Terjun Dolo ini adalah salah satu pilihan yang tepat untuk anda kunjungi sebagai salah satu diantara sekian banyak tempat wisata di Kediri yang wajib untuk dikunjungi. Untuk mencapai lokasi air terjun ini memang diperlukan usaha dan tenaga yang cukup besar karena jaraknya yang lumayan jauh dan medan yang cukup sulit untuk dapat mencapai air terjun ini. Namun, anda tidak perlu khawatir, karena semua usaha dan tenaga yang anda keluarkan untuk dapat sampai di Air Terjun Dolo ini tidak akan sia-sia karena air terjun ini menyajikan pemandangan yang menakjubkan.
Wisata Kediri Air Terjun Dolo
Pemandangan yang indah dan masih alami inilah yang membuat banyak wisatawan berbondong-bondong untuk datang dan mengunjungi tempat wisata di Kediri satu ini. Tempat wisata di Kediri ini memang sangat cocok bagi anda yang memang menginginkan suasana yang alami yang dapat menenangkan hati dari aktivitas keseharian anda.
Wisata Kediri Gumul Paradise Island
Selain dari tempat wisata Air Terjun Dolo, ada beberapa tempat wisata lain yang patut untuk anda kunjungi ketika berada di Kediri yaitu Gumul Paradise Island. Gumul Paradise Island merupakan salah satu tempat wisata yang menyajikan berbagai wahana permainan air yang sangat menyenangkan. Wahana wisata yang ada di Gumul Paradise Island ialah kolam bak tumpah, speed slide, kolam jamur dan masih banyak lagi wahana menarik lainnya. Selain menyediakan wahana permainan air, tempat wisata di Kediri satu ini juga menyediakan wahana lain seperti flying fox yang dijamin akan membuat liburan anda bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan.
Tempat Wisata Kediri Candi Surowono
Selain destinasi tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan serta hiburan-hiburan yang menarik, kota Kediri ini juga memiliki berbagai macam tempat wisata sejarah yang dapat anda kunjungi untuk memperdalam informasi anda mengenai sejarah dan fenomena lainnya yang dulu pernah terjadi di Kediri. Pada jaman dahulu kala, kerajaan Majapahit pernah berkuasa di kota Kediri ini. Namun, kejayaan kerajaan ini sekarang hanyalah tinggal cerita belaka karena saat ini hanya ada beberapa peninggalan bersejarah saja yang dapat digunakan sebagai bukti bahwa kerajaan tersebut pernah berjaya di kota Kediri. Candi Surowono adalah salah satu candi peninggalan kerajaan Majapahit yang memiliki ukiran atau relief pada dinding candi Surowono yang mengandung arti dan makna yang sangat bersejarah dari kejayaan kerajaan Majapahit di masa lampau.
Tempat Wisata Kediri Monumen Simpang Lima Kediri
Monumen Simpang Lima Kota Kediri merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Kediri  lainnya yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sehingga banyak wisatawan terutama anak muda yang sering mengunjungi tempat tersebut untuk menikmati keindahan kota Kediri atau hanya untuk sekedar nongkrong sambil bercengkrama dengan teman. Sunset merupakan salah satu daya tarik dari tempat wisata bersejarah ini. Tak heran bila menjelang sore hari banyak pasangan muda-mudi yang menghabiskan waktu sorenya di Monumen Simpang Lima Kediri. Di monumen ini juga terdapat ukiran atau relief yang mengilustrasikan cerita rakyat ataupun kisah rakyat yang dulunya pernah berkembang di kota Kediri. Monumen Simpang Lima adalah ikon dari kota Kediri sehingga keberadaan tempat wisata di Kediri ini harus tetap dijaga keindahan dan kelestariannya.